Berita Perusahaan

Berikut ini adalah berita-berita dari kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


Peran Laboratorium Lingkungan

Dalam Menunjang Kegiatan Pengelolaan Lingkungan Hidup

 & Dalam Rangka Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71

 

Pencemaran lingkungan telah menjadi isu global yang terus mendapatkan perhatian dari semua kalangan, baik dikalangan pemerintah maupun masyarakat umum. Pencemaran lingkungan hidup sudah dianggap sebagai sebuah kejahatan yang harus diberikan ganjaran setimpal kepada setiap pelanggarnya. Beberapa Departemen yang ada di pemerintahan memiliki satuan kerja yang terkait dengan dengan masalah masalah lingkungan hidup. Tidak lupa pula banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang Lingkungan Hidup juga tumbuh subur ditengah-tengah masyarakat. Hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi masalah lingkungan hidup.

Dalam melakukan identifikasi masalah pencemaran lingkungan diperlukan sebuah standar yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk untuk menyatakan sebuah penecemaran lingkungan telah terjadi. Misalnya standar yang digunakan dalam penentuan kulaitas udara ambien adalah PPRI No. 41 tahun 1999, tentang Bakumutu  Kualitas Udara Ambien Nasional. Dalam PPRI No. 41 Tahun 1999 tersebut telah di tetapkan standar kualitas udara yang memenuhi syarat kesehatan, jika standar tersebut dilampaui maka dapat dikatakan bahwa kualitas udara di suatu lokasi diduga tercemar kualitasnya.

Masih segar dalam ingatan kita ketika terjadi kebakaran hutan parah yang melanda hampir diseluruh wilayah Indonesia pada medio tahun 2015 lalu, seluruh sumberdaya kita bersatu padu untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan, bahkan beberapa negara tetanggapun berupaya membantu melakukan pemadaman kebakaran tersebut karena dampaknya sudah sangat mengkhawatirkan dengan merenggut korban jiwa dan menyebabkan pencemaran kualitas udara yang cukup parah. Secara kasat mata dapat dikatakan bahwa di lokasi kebakaran hutan tersebut telah terjadi pencemaran kualitas udara.

Pernyataan tersebut tidaklah cukup jika belum dibuktikan dengan pengujian laboratorium terhadap kualitas udara di lokasi kebakaran hutan. Hasil pengujian laboratorium diperlukan untuk dapat dijadikan sebagai dasar pernyataan yang mengatakan bahwa telah terjadi pencemaran kualitas udara dan melakukan penyelidikan lanjutan terhadap pelaku pembakaran. Hasil pengujian labopratorium lingkungan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti di pengadilan untuk menjerat pelaku pencemaran terhdap lingkungan hidup.

Laboratorium Lingkungan adalah instrumen atau alat yang digunakan untuk melakukan pengujian konsentrasi zat-zat pencemar yang terkandung dalam komponen-komponen lingkungan. Komponen-komponen lingkungan tersebut dapat berupa air, udara, tanah, lumpur dan lain lain. Pencemaran terhadap komponen-komponen lingkungan hidup dapat berupa pencemaran fisik, kimia, biologi dan radioaktif.

Pencemaran fisik terdiri dari pencemar yang memepengaruhi sifat-sifat fisika dari komponen lingkungan, pencemaran kimia adalah pencemaran yang berasal dari bahan bahan kimia yang digunakan atau sisa proses kegiatan industri. Pencemaran biologi adalah pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya unsur-unsur mahluk hidup dan mikroorganisme kedalam komponen-komponen lingkungan hidup, sedangkan pencemaran radioaktif adalah pencemaran yang diakibatkan oleh kegiatan-kegaiatan radioaktifitas seperti pembangkit listrik bertenaga nuklir dan lain-lain.

Peran laboratotrum lingkungan sangat vital dalam menentukan status mutu lingkungan. Status mutu lingkungan tidak dapat ditentukan tanpa melakukan pengujian kualitas lingkungan terhadap komponen-komponen lingkungan yang tercemar. Laboratorium lingkungan adalah alat yang digunakan untuk mengambil kebijakan lingkungan, karena laboratorium menghasilkan angka, angka dijadikan sebagai standar, dan standar dijadikan acuan untuk untuk menetapkan kualitas sebuah komponen lingkungan hidup.

Laboratorium lingkungan telah memberikan peran yang strategis dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Dapat dibayangkan jika belum ada laboratorium lingkungan yang beroperasi di Republik ini, maka kita akan sangat tergantung kepada hasil pengujian laboratorium dari luar negeri. Tentu saja hal ini akan memerlukan biaya yang tidak sedikit dalam upaya pengukapan kasus-kasus pencemaran terhadap lingkungan di Indonesia.

Dengan demikian keberadaan laboratorium lingkungan sangat penting dalam mengawal kemerdekaan Indonesia agar pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) dan berwawasan lingkungan dapat terus berjalan menuju Indopnesia yang adil makmur dan sejahtera.

 


Head Office
Jl. Ciledug Raya No.10 Cipulir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 12230.
Phone : +62 21 7253322, Fax : +62 21 7253323

Representative Office
Ruko Section One Kavling B-3, Jl Rungkut Industri Raya No. 1, Surabaya - Jawa Timur
Phone : +62 31 8415839, Fax : +62 31 8415839





Marketing Office
Jl. Raya Abianbase Kapal, MenguwiBadung, Bali Phone : 0823-4003-9831

Marketing Office
Jl. Dock Yard No.6-7A, Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Dumai-Riau.3551 Phone : 0765-810121
Marketing Office
Jl. Gotong Royong Raya No. 66 A Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjar Baru Phone: 0812-5194-682






Media Informasi

Lokasi

  • whatsapp