Berita Perusahaan

Berikut ini adalah berita-berita dari kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

 


HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

"KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK"

 

 

Sebulan sudah berlalu dari tanggal diperingatinya hari lingkungan hidup sedunia (5 juni 2018), yang berdasarkan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada acara peringatan hari lingkungan hidup dengan tema mengenai “Kendalikan Sampah Plastik”.

Dalam sambutannya beliau mengingatkan bahwa perlu dilakukan tindak lanjut pengelolaan yang cepat, tepat, dan ramah lingkungan untuk sampah plastik, mengingat sampah plastik  merupakan benda yang tidak dapat terurai dalam waktu yang lama hingga jutaan tahun, dan dapat mengakibatkan pencemaran tanah, air, dan laut.(www.menlhk.go.id).

Sebagai masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, masing-masing dari kita perlu memberikan kontribusi yang nyata dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup, khususnya untuk masalah sampah plastik yang sampai sekarang masih belum dapat dikendalikan dengan baik.

Untuk memberikan kontribusi yang nyata dan tidak perlu meluangkan waktu yang terlalu banyak, mulailah dengan mendisiplinkan diri sendiri, anak-anak kita, dan  keluarga kita dalam tertib MEMBUANG, MEMILAH, & MENGURANGI SAMPAH.

 

TERTIB MEMBUANG SAMPAH merupakan kegiatan yang harus dibiasakan sedini mungkin. Kebiasaaan malas mencari tempat sampah atau membuang sampah sembarangan ketika sedang berjalan/berkendaraan harus sudah mulai ditinggalkan, terlebih lagi oleh orang dewasa yang memang merasa dirinya peduli terhadap lingkungan sekitar. Kebiasaan harus diubah dengan tekad yang kuat dari masing-masing pribadi dewasa di Indonesia untuk memulai membuang sampah pada tempatnya, ketika dimanapun dan kapanpun, yang selanjutnya ditularkan kepada anak dan keluarga di sekitarnya. Ketika sudah ada tekad dalam diri, meskipun telah ada regulasi yang mengaturnya namun penerapannya belum optimal, maka keadaan tersebut akan berjalan dengan sendirinya.

Untuk memicu seluruh masyarakat dewasa agar memiliki tekad, mungkin dapat disertai dengan gencarnya sosialisasi pemerintah di berbagai media tentang pentingnya buang sampah pada tempatnya, peran serta organisasi masyarakat mulai dari RT, RW, Kelurahan, dst yang aktif melakukan gerakan-gerakan menyadarkan masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, serta peran aktif lembaga pendidikan formal dan informal dalam mencetak generasi sadar membuang sampah pada tempatnya.

 

TERTIB MEMILAH SAMPAH juga merupakan kebiasaan yang berujung pada mudahnya pengelolaan sampah pada kegiatan pembuangan akhir. Kebiasaan malas memisahkan sampah organik dan anorganik dari satu rumah, menyebabkan penumpukan sampah campuran yang sulit dipisahkan pada pembuangan akhir, yang selanjutnya menambah PR pemerintah untuk mengatasinya. Alangkah meringankan proses pemusnahan/pemanfaatan kembali/pengelolaan sampah jika dari tahap awal sampah sudah secara otomatis terpisahkan berdasarkan karakternya yang selama ini sudah disosialisasikan pemerintah, yaitu organic, anorganik, dan B3. Bisa kita bayangkan betapa indah dan mudahnya ketika mulai dari sampah rumahan yang jumlahnya sedikit, sampah industri, sampah pasar, sampah kegiatan lainnya, sudah otomatis dipisahkan ketika akan dibuang, maka petugas-petugas kebersihan pun akan lebih cepat dan mudah dalam melakukan pengelolaan. Bila pemilahan sampah telah terpisah dari hulunya maka pengelolaan sampah di hilirnya akan optimal, bak-bak penampungan telah disiapkan dan pengangkutan sampah juga telah dipisahkan sehingga pengelolaan sampah optimal akan tercapai dan akan menghasilkan nilai tambah.

 

TERTIB MENGURANGI SAMPAH merupakan solusi dengan efek jangka panjang terhadap lingkungan hidup di masa generasi saat ini dan yang akan datang. Bisa dibayangkan ketika satu rumah saja membiasakan untuk tidak menggunakan plastik ketika berbelanja (1 kantong saja) per hari, jika di Indonesia ada 2jt rumah, maka sehari dapat mengurangi 2jt plastik. Bayangkan jika disetiap rumah tidak sama sekali menggunakan kemasan plastik, berapa jumlah pengurangan sampah plastik? Amazing bukan??

Demikian tulisan singkat ini, semoga memberikan bagi kita semua, yuk mulai dari sekarang TERTIB dalam MEMBUANG, MEMILAH, dan MENGURANGI SAMPAH.

PT. UNILAB PERDANA

Head Office
Jl. Ciledug Raya No.10 Cipulir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 12230.
Phone : +62 21 7253322, Fax : +62 21 7253323

Representative Office
Jl. Kutisari IV/2B, Tenggilis Mejoyo, Surabaya
Phone : +62 31 8415839, Fax : +62 31 8415839
Marketing Office
Jl. Raya Abianbase Kapal, MenguwiBadung, Bali Phone : 0823-4003-9831

Marketing Office
Jl. Dock Yard No.6-7A, Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Dumai-Riau.3551 Phone : 0765-810121

Media Informasi

Lokasi

  • whatsapp