Berita Perusahaan

Berikut ini adalah berita-berita dari kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Pengujian Mikrobiologi Lingkungan Untuk Industri Makanan

dan Untuk Verifikasi Efektifitas Dari Sanitasi

Pada industri makanan/minuman, rumah sakit, perhotelan, dan restoran,  kebersihan akan alat makan, alat dapur, alat kesehatan, dinding dan lantai merupakan bagian yang sangat penting. Lingkungan dapat terkontaminasi mikroorganisme yang berasal dari berbagai sumber. Alat makan dan alat dapur yang tidak dicuci dengan bersih dapat menyebabkan mikroorganisme atau bibit penyakit yang akan berkembang biak dan mencemari makanan yang diletakkan di atasnya. Alat kesehatan yang tidak steril atau terkontaminasi mikroorganisme dapat menjadi sumber penyakit bagi penggunanya. Dinding dan lantai rumah sakit yang tidak bersih dapat menjadi sumber penyakit.

Jumlah total bakteri dapat memberikan informasi yang berguna ketika menilai kebersihan secara umum. Pemantauan terhadap kebersihan alat makan, alat dapur, alat kesehatan, dinding dan lantai dapat dilakukan secara rutin untuk mencegah terjadinya sumber penyakit, keracunan atau infeksi.  Adanya bakteri koliform seperti E.coli atau bakteri lain pada permukaan alat makan, alat dapur, alat kesehatan, dinding dan lantai dapat dilakukan uji dengan cara Uji Usap/Swab Test.

Swab Test dilakukan dengan mengusapkan swab stic steril pada titik sampling (5cm x 5cm) dengan cara zigzag (ke kanan-ke kiri dan ke atas-ke bawah), kemudian swab stic dimasukkan ke dalam wadah berisi media transpost (Phosphat Buffered Saline). Lakukan analisis parameter bakteri sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Hasil dari analisis swab test ini dapat dibandingkan dengan regulasi pemerintah yang berlaku, sehingga diketahui efektifitas dari proses sanitasi terhadap lantai/ dinding/ alat makan.

Berikut adalah contoh baku mutu untuk kebersihan alat makan, lantai dan dinding rumah sakit berdasarkan KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1204/MENKES/SK/X/2004 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit adalah:

Kebersihan Alat Makan                            

Total Bakteri   = 100 cfu/cm2                                    

 E. coli              = 0 cfu/cm2

 

Lantai dan Dinding

Ruang Operasi             = 0-5 cfu/cm2 dan bebas patogen

Ruang Perawatan         = 5-10 cfu/cm2

Isolasi                          = 0-5 cfu/cm2

UGD                              = 5-10 cfu/cm2

 

Mulai tahun 2016 ini, Laboratorium Unilab Perdana sudah dapat melayani pengujian menggunakan metode swab test ini, dengan lama waktu penerbitan seertifikat hasil pengujian selama 12 hari kerja setelah pengambilan contoh.


Head Office
Jl. Ciledug Raya No.10 Cipulir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 12230.
Phone : +62 21 7253322, Fax : +62 21 7253323

Representative Office
Ruko Section One Kavling B-3, Jl Rungkut Industri Raya No. 1, Surabaya - Jawa Timur
Phone : +62 31 8415839, Fax : +62 31 8415839





Marketing Office
Jl. Raya Abianbase Kapal, MenguwiBadung, Bali Phone : 0823-4003-9831

Marketing Office
Jl. Dock Yard No.6-7A, Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Dumai-Riau.3551 Phone : 0765-810121
Marketing Office
Jl. Gotong Royong Raya No. 66 A Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjar Baru Phone: 0812-5194-682






Media Informasi

Lokasi

  • whatsapp