Berita Perusahaan

Berikut ini adalah berita-berita dari kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


“MEMPERINGATI HARI BUKU NASIONAL DENGAN MENINGKATKAN MINAT BACA”



 

Peringatan Hari Buku Sedunia dilakukan setiap tanggal 23 April, sedangkan di Indonesia peringatan Hari Buku Nasional dilakukan setiap tanggal 17 Mei. Peringatan ini berlangsung sejak tahun 2002 yang digagas oleh Menteri Pendidikan Abdul Malik Fadjar. Tanggal ini dipilih berdasarkan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu pada tanggal 17 Mei 1980. Peringatan hari buku dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang memiliki minat baca tergolong rendah. Minat baca masyarakat Indonesia masih rendah bila dibandingkan negara lain, hal ini berdasarkan data Perpustakaan Nasional tahun 2017 yaitu frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya tiga sampai empat kali per minggu dan jumlah buku yang dibaca rata-rata hanya lima hingga sembilan buku per tahun. Kondisi ini dikarenakan oleh beberapa daerah-daerah terpencil memiliki sumber buku yang tidak banyak sedangkan di sisi lain, masyarakat yang tinggal di perkotaan lebih tertarik dalam menggunakan smartphone dibandingkan dengan membaca buku.

Kondisi ini diketahui bahwa minat baca di Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dimana posisi itu persis di bawah Thailand dan di atas Bostwana.  Hal itu diungkapkan Kepala Perpustakaan Nasional Muh Syarif Bando dalam salah satu artikel di republika.com.  Selain itu, Unesco juga pernah mengungkapkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen, yang artinya dari 1000 orang Indonesia, hanya satu yang rajin membaca.

Adanya peringatan hari buku nasional  diharapkan minat baca masyarakat Indonesia meningkat dengan melakukan kebiasan membaca. Seseorang yang senang membaca akan mempunyai pengetahuan yang luas dari buku yang dibacanya, dapat berfikir luas serta mempengaruhi pola berfikir untuk pengambilan keputusan.

Membaca adalah berpikir.  Berpikir merupakan suatu proses untuk mengenali, memahami, dan kemudian menginterpretasikan lambang-lambang yang dapat mempunyai arti. Adanya unsur-unsur psikologis seperti kemampuan dan atau kapasitas kecerdasan, minat, bakat, sensasi, persepsi, motivasi, retensi, ingatan, dan lupa, kemampuan mentransfer dan berpikir kognitif yang akan membantu orang tersebut dalam memahami seberapa banyak pengetahuannya mengenai banyak hal, bagaimana ia memandang hidup yang ia jalani, ke mana arah yang sebenarnya ingin ia capai dan pastinya akan membuat seseorang menjadi haus pengetahuan karena ia sadar seberapa kecil pengetahuan yang baru ia gali.

Peringati hari buku nasional pada tanggal 17 Mei 2018 dapat dilakukan dengan melihat penulis-penulis buku di Indonesia yang bukunya telah dibeli atau di-publish oleh penerbit luar negeri.

Pada event IBF (International Book Fair), buku yang banyak terjual dalam pameran ini adalah buku-buku yang bertema cerita anak, wisata Indonesia, cerita binatang langka Indonesia, cerita anak muslim hingga buku pelajaran bahasa Indonesia. Mengingat banyaknya penulis berbakat dari Indonesia yang diterbitkan oleh banyak Negara asing dan segudang manfaat yang akan didapat dalam kegiatan membaca, mari kita tingkatkan minat baca masyarakat Indonesia, dimulai dari sendiri.

PT. UNILAB PERDANA

Head Office
Jl. Ciledug Raya No.10 Cipulir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 12230.
Phone : +62 21 7253322, Fax : +62 21 7253323

Representative Office
Jl. Kutisari IV/2B, Tenggilis Mejoyo, Surabaya
Phone : +62 31 8415839, Fax : +62 31 8415839
Marketing Office
Jl. Raya Abianbase Kapal, MenguwiBadung, Bali Phone : 0823-4003-9831

Marketing Office
Jl. Dock Yard No.6-7A, Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Dumai-Riau.3551 Phone : 0765-810121

Media Informasi

Lokasi

  • whatsapp