Berita Perusahaan

Berikut ini adalah berita-berita dari kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


SUNGAI CITARUM KITA


                        

Terlihat menyerupai kutub, tapi foto adalah foto sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat, yaitu Sungai Citarum. Foto tersebut diambil di Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat Desember 2017 lalu. Warna putih pada foto tersebut bukanlah es seperti di kutub utara atau selatan, tetapi warna putih tersebut adalah hasil dari cemaran pabrik-pabrik yang berbusa di sekitar daerah aliran sungai citarum (www.mongabay.co.id).

Sungai Citarum merupakan sumber air minum untuk 27,5 juta penduduk,  baik di Jabar maupun DKI Jakarta, dan 80 persen air minum masyarakat Jakarta bersumber dari Sungai Citarum. Selain itu ada tiga PLTA yang memanfaatkan aliran Sungai Citarum yang menghasilkan 1.400 MW pasokan listrik (www.detiknews.com).

Senin, 16 Januari 2018 lalu, Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri kabinet kerja di Graha Wiksa Praniti, Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementrian PUPR, Bandung, Jawa Barat dengan pembahasan terkait revitalisasi Sungai Citarum. "Saya tidak mau Sungai Citarum menjadi tempat pembuangan limbah raksasa oleh pabrik-pabrik di kanan-kiri Sungai Citarum ini. Harus ada pendekatan dengan solusi kepada pabrik-pabrik yang ada. Kalau sulit mengikuti, pendekatan hukum tegas harus dilakukan supaya ini tidak keterusan," tutur Pak Jokowi dalam rapat tersebut (www.mongabay.co.id). Pada rapat ini Jokowi didampingi oleh Wapres Jusuf Kalla, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Memperin Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Kepala Bappena Bambang Brodjonegoro, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavan, dan Jaksa Agung Prasetyo, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (www.detiknews.com)

Tujuh tahun adalah durasi yang ditargetkan oleh Pak Jokowi untuk revitalisasi sungai citarum yang nantinya penataan DAS citarum akan dijadikan DAS percontohan dalam pengelolaan daerah aliran sungai di wilayah lainnya. Pengelolaan sungai pun dikatakannya harus terintegrasi dari semua kementrian, lembaga, pemerintah pusat, daerah, provinsi, kabupaten, dan kota. Mulai dari penyiapan konsep, pelaksanaan, hingga pengawasan di lapangan (www.mongabay.co.id). Namun Data Dinas Lingkungan hidup Jawa Barat menyebut, 90% industri bahkan tidak memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Akibatnya, 340.000 ton limbah cair mengalir di Sungai Citarum setiap harinya (www.mongabay.co.id)

Semoga tujuh tahun adalah waktu yang cukup untuk menyukseskan program Pak Jokowi, sehingga ekosistem DAS Citarum kembali normal dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa ada kekhawatiran timbulnya penyakit akibat. Mari kita lindungi ekosistem Sungai Citarum dengan tidak membuang sampah dan limbah di Sungai Citarum.

PT. UNILAB PERDANA

Head Office
Jl. Ciledug Raya No.10 Cipulir
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 12230.
Phone : +62 21 7253322, Fax : +62 21 7253323

Representative Office
Jl. Kutisari IV/2B, Tenggilis Mejoyo, Surabaya
Phone : +62 31 8415839, Fax : +62 31 8415839
Marketing Office
Jl. Raya Abianbase Kapal, MenguwiBadung, Bali Phone : 0823-4003-9831

Marketing Office
Jl. Dock Yard No.6-7A, Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Dumai-Riau.3551 Phone : 0765-810121

Media Informasi

Lokasi

  • whatsapp